Selamat Datang di Situs RiauStar.com ! Follow us on

Pemilu 2014, Kursi Anggota DPRD Riau Jadi 65 Orang

Selasa,19 Maret 2013 | 07:54:00
Pemilu 2014, Kursi Anggota DPRD Riau Jadi 65 Orang
Ket Foto :

PEKANBARU - Jumlah anggota legislatif yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau hasil Pemilu 2014 akan bertambah dari 55 orang menjadi 65 orang. Penambahan kursi ini seiring dengan pertambahan jumlah penduduk di Riau.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Tengku Edi Sabli, mengatakan penambahan itu didasarkan pada keputusan KPU No 96/Kpts/KPU/Tahun 2013 tanggal 9 Maret 2013. "Ditetapkan jumlah anggota DPRD Riau sebanyak 65 orang dengan delapan Dapil (daerah pemilihan, red)," papar Edi, Senin (18/3) kemarin.

Ada pun Dapil-dapil itu adalah; Dapil 1 meliputi Kota Pekanbaru dengan 9 kursi, Dapil 2 meliputi Kampar dengan 8 kursi, Dapil 3 meliputi Rokan Hulu dengan 6 kursi, Dapil 4 meliputi Rokan Hilir dengan 7 kursi.

Kemudian Dapil 5 meliputi kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, dan Kabupaten Kepulauan Meranti dengan 11 kursi, Dapil 6 meliputi Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak dengan 8 kursi, Dapil 7 meliputi Indragiri Hilir dengan 8 kursi, dan Dapil 8 meliputi Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi dengan 8 kursi.

Pengamat politik di Pekanbaru, Andi Yusran menilai penambahan jumlah kursi di DPRD Riau itu sangat wajar. "Wajar saja itu. Pertumbuhan penduduk di Riau ini sangat tinggi," terang Andi Yusran.

Penambahan kursi di DPRD Riau ini, lanjut Andi, membuat peluang partai-partai politik mendapatkan kursi di legislatif provinsi semakin terbuka lebar. "Tiap parpol masih berpeluang mendudukkan kadernya sebanyak mungkin di DPRD Riau. Tapi, semua itu tergantung dengan kualitas caleg yang diusung," paparnya.

Penambahan jumlah kursi ini juga membuat pendatang baru, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), optimis mendudukkan kadernya di DPRD Riau. Bahkan mereka menargetkan angka yang pantastis, yakni 24 kursi. "Target kita tiga kursi dari tiap dapil," kata Ketua DPW Partai Nasdem Riau, Iskandar Husin.

Husin membantah target itu sangat muluk. Pasalnya, setiap calon anggota DPRD Riau yang maju dipatok memiliki pendukung minimal 15 ribu orang. Selain itu, sang calon juga diwajibkan memiliki modal yang cukup. "Dengan dukungan dari 15 ribu orang, kader itu pasti akan terpilih," terangnya.

Tak hanya di DPRD Provinsi Riau, target serupa juga dipatok di DPRD Kabupaten/Kota. "Semua kader yang maju akan kita seleksi dengan ketat, lalu kita persiapkan dengan pembekalan," katanya.

Optimisme juga diumbar Ketua DPD Partai Gerindra Riau, Marwan Yohanis. Namun, Gerindra hanya mematok 8 kursi saja. "Kami dipatok tiap dapil minimal satu kursi," katanya.

Target serupa juga berlaku bagi seluruh DPD dan DPC se-Indonesia. Bila target itu tercapai, lanjut Marwan, maka peluang Gerindra mengusung Prabowo Subiakto sebagai calon presiden di Pilpres akan terbuka lebar.

Untuk mencapai target itu, Gerindra Riau berupaya mengajukan caleg-caleg yang telah dikenal dengan baik oleh masyarakat Riau, terutama oleh warga di dapilnya masing-masing. "Caleg kita untuk DPRD Provinsi Riau ada 190 orang, sedangkan caleg untuk DPRD Kabupaten/Kota di Riau masing-masing ada 80 orang," katanya. (cr01)

Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
Paling Populer

F O L L O W